Tips Kiat Praktis Menghadapi Anak yang Malas Belajar

Tips Kiat Praktis Menghadapi Anak yang Malas Belajar

Pasar Semarang– Ibu Ibu yang baik hatinya, Di jaman segala sesuatu yang serba kompetitif enggak dikerjaan, di bisnis, di sekolah, ketika kita menghadapi sedikit saja kendala bisa membuat kita stress. Apalagi ditambah kondisi kita harus menghadapi anak yang malas belajar. Di kasih tahu apa saja tetap saja susah mengerjakan PR atau belajar pada umumnya.

Setujukah dengan pernyataan kami di atas, anak enggan belajar, orang tuanya makin stress? 🙂

Kalau yang biasa saja atau tidak setuju, lebih baik stop tidak perlu melanjutkan membaca artikel ini. Sebab apa, kami akan infokan mengenai solusi yang bisa dikerjakan kalau anaknya pas susah diajak belajar, maunya main main serta bermalas malasan saja. Mau tahu selengkapnya?

Solusi dari Pak Adi W Gunawan Mengatasi Masalah Anak Yang Susah Belajar

Mari simak penjelasan dari Bapak Adi W Gunawan salah satu pakar di bidang perubah perilaku, beliau berkata seperti berikut:

Seorang Ibu, sebut saya Bu Rani, alumnus QLT, mengirimi saya email dan menceritakan pengalaman menarik tentang anaknya setelah ia terapkan saran yang saya berikan.

Ibu Rani punya anak laki usia kelas 4 SD. Anak ini kurang motivasi belajar, jarang mau mengerjakan PR, sulit bangun pagi, kurang disiplin. Bu Rani sudah membawa anak ini ke psikolog untuk menjalani tes psikologi dan beberapa terapis. Hasilnya belum maksimal seperti yang diharapkan.

Jual Sprei Hello Kitty, Jual Gorden Hello Kitty Murah Online
Udah punya aksesoris begini? order sekarang ke 0857 9994 3044

Saya sampaikan pada Bu Rani bahwa perilaku anak adalah tampak luar dan akibat dari sesuatu yang lebih penting untuk ditemukan di dalam diri anak, yang menjadi penyebab. Sama halnya tidak mungkin ada asap bila tidak ada api. Untuk bisa menghilangkan asap yang perlu dilakukan adalah temukan sumber apinya dan padamkan.

Saya sarankan Bu Rani untuk membaca dua buku bagus: Hypnotherapy for Children dan Lima Bahasa Kasih (Gary Chapman). Mengapa saya tidak langsung beri solusi?

Saya ingin tahu seberapa serius Bu Rani ingin mengatasi masalah anaknya. Seringkali bila saya langsung beri saran atau solusi, orang kurang menghargai. Mereka biasanya akan “lupa” untuk melakukan saran ini atau terlalu sibuk sehingga “belum ada waktu” untuk melakukannya.

Tenyata Bu Rani serius menjalankan saran saya. Ia beli dan baca dua buku yang saya sarankan dan mempraktikkannya dengan sungguh-sungguh. Dalam waktu singkat terjadi perubahan signifikan dalam diri anaknya. Dan inilah yang ia sampaikan melalui emailnya.

Jual Gorden Bagus, Harga Gorden Bagus, Jual Gorden Murah dan Bagus
Gorden Set Kamar Anak Motif Doraemon

Apa yang ia lakukan?

Yang Bu Rani lakukan sebenarnya adalah hal sederhana namun seringkali orangtua abai melakukannya. Setelah membaca dua buku ini Bu Rani lebih fokus pada anaknya, memberi waktu berkualitas, sering mengajak bicara, memberi pujian atau kata-kata dukungan dan positif, memberi pelukan atau elusan sayang, dan bila sedang bicara dengan anaknya ia menatap mata anaknya langsung.

Hasilnya tentu tidak bisa langsung tampak dalam satu atau dua hari. Butuh beberapa hari untuk mulai melihat hasilnya. Sama seperti baterei HP bila di-charge tentu butuh waktu tertentu untuk bisa penuh. Demikian pula dengan baterei psikis anak.

Bu Rani akhirnya mengakui bahwa memang selama ini ia jarang memberi perhatian pada anaknya karena kesibukannya. Ia tidak mengira bahwa anak butuh waktu bicara dengannya. Bu Rani berpikir bila kebutuhan anak sudah dipenuhi maka cukuplah sudah.

Saya sampaikan pada Bu Rani bahwa kebutuhan anak ada dua. Kebutuhan yang sifatnya fisik dan psikis. Orangtua lebih sering fokus pada kebutuhan fisik dan jarang fokus pada pemenuhan kebutuhan psikis. Seringkali, bukannya orangtua enggan atau tidak bersedia memenuhi kebutuhan psikis ini namun lebih disebabkan karena orangtua tidak tahu atau tidak mengerti.

Perubahan pada orangtua, positif atau negatif, pasti tampak pada diri anaknya.

Bagaimana menurut Anda?

Cari Promo Diskon?
Kami Kirim Langsung INFOnya Ke Emailmu

Jadilah orang pertama yang tau Pas Ada produk terbaru atau promo promo limited dari PasarSemarang Group Langsung ke Emailmu. Pastikan dirimu Kebagian. Anti telat info.

Bagaimana Komentarmu Mengenai Paparan Produk / Artikel di Atas Kak?

Your email address will not be published.

Cari Katalog Terbaru Kami?
Kami Kirim Langsung INFOnya Ke Emailmu

Jadilah orang pertama yang tau Pas ada produk terbaru atau promo promo limited dari PasarSemarang Group Langsung ke Emailmu. Pastikan dirimu Kebagian. Anti telat info.